Tassauf dan Roti

raian ini diambil dari comment di facebook
oleh Bapak Yth Suroso

Dahulu penjajah Belanda,melarang warga pribumi makan “Roti”. Roti hanya di khususkan (spesial) hanya untuk warga Belanda. Warga Pribumi hanya boleh makan ketela, nasi, jagung.

Warga pribumi yang duduk di pemerintahan Belanda pun, hanya boleh makan itu. Boleh di bilang…warga pribumi “haram’ hukumnya makan roti….

Setelah kemerdekaan pun, warga pribumi masih terparadigmakan hal itu. Sehingga kalau ada yang makan roti, stigmanya adalah ” wah, makan roti kayak orang Belanda saja”…he3x…

Terbiasa makan nasi, sulit untuk merubah kebiasaan makan nasi. Setelah check up, sadar bahwa kadar gula darahnya, cukup tinggi…seseorang di sarankan untuk merubah pola makannya dengan cara mengurangi makan nasi…bahkan karena saking tingginya kadar gula darahnya, seseorang harus mengganti makannya dengan roti.

Lho, apa hubungannya dengan Tasawuf.

Berbicara masalah Tasawuf, maka kita berbicara tentang/masalah “Rasa”, bukan masalah hukum. Hukum dapat berbicara, jika mudharat yang di timbulkan berdampak kepada kemashlahatan bersama/umat dan terbatasi oleh ruang dan waktu pada saat itu.

Sepertinya kurang bijaksana kalau kita belum mencoba “Tasawuf” ini…kalau hanya mendengar stigma yang sudah ada.

Eeeh, ternyata “roti” itu enak juga, mengenyangkan juga, lebih enak dari nasi…dan kandungan kadar gulanya…cukup rendah, sesuai dengan kebutuhan kita.

Tasawuf itu manis, lezat…enak sekali.
Saya sampaikan ini, karena saya sedang menyantapnya.

Jadi kenapa tidak kita coba.

Bapanda Guru HSS. Dermoga B.R Muhammad Syukur mengatakan,” Tidak tahu maka tidak kenal, tidak kenal maka tidak cinta, tidak cinta maka tidak sayang…”

Leave a comment

Filed under Religion Spirituality, Tassauf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s